Main Article Content

Abstract

Perusahaan Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia mempunyai peran sangat penting dalam perekonomian nasional.  Pemerintah telah menetapkan Rencana Pengembangan Jangka Panjang (2005-2025) dengan salah satu program stratejiknya berupa penguatan posisi UKM dengan memperperbaiki akses terhadap jasa keuangan, produksi, pemasaran dan manajemen. Selain hal tersebut, penelitian yang ada menunjukkan bahwa permasalahan sustainability UKM merupakan masalah serius, yang diyakini karena faktor ekonomi. Salah satu faktor ekonomi adalah persoalan kritis yakni lemahnya mekanisme tata kelola (governance) perusahaan. Permasalahan governance umumnya ada pada manajemen/pengelola organisasi UKM. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melakukan investigasi dalam mengidentifikasi sebuah dasar pengetahuan (knowledge base) atas implementasi good corporate governance pada sektor UKM, serta mengidentifikasi aspek pengaturan yang perlu dimodifikasi atas implementasi good corporate governance pada sektor UKM. Kuisioner penelitian dikirimkan kepada 150 calon responden (pemilik dan atau manajer) dan dianalisis dari 49 responden yang berpartisipasi. Survei pada penelitian ini menemukan bahwa implementasi mekanisme good corporate governance pada UKM di wilayah Malang Raya masih sangat terbatas. Implikasi dari penelitiaan ini adalah perlunya melakukan eksplorasi lebih lanjut terhadap dimensi governance yang lebih cocok untuk mendukung terciptanya mekanisme good corporate governance pada UKM.

Keywords

Corporate Governance Indonesia Usaha Kecil dan Menengah (UKM

Article Details

Author Biography

Jaswadi Jaswadi, Politeknik Negeri Malang

Jaswadi adalah dosen tetap - lektor di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang, research interestnya pada bidang auditing dan corporate governance. Selain sebagai akademisi, Jaswadi adalah seorang CPA yang aktif dalam jasa audit dan konsultasi pada jaringan Kantor Akuntan Publik (KAP) nasional cabang Malang.
How to Cite
Jaswadi, J. (2017). Analisis tingkat implementasi good corporate governance pada usaha kecil dan menengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(2), 161–180. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss2.art5