PENENTUAN STATUS MUTU AIR WADUK SERMO DENGAN METODE STORET DAN INDEKS PENCEMARAN

Lussya Setya Dewi, Intan Supraba, Budi Kamulyan

Abstract

Waduk Sermo dimanfaatkan sebagai air baku air minum oleh PDAM Tirta Binangun. Untuk memenuhi syarat sebagai air baku air minum, kualitas air Waduk Sermo harus memenuhi persyaratan yang tertulis dalam Peraturan Gubernur DIY nomor 20 tahun 2008 tentang Baku Mutu Air di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa budidaya ikan dengan keramba jaring apung menyebabkan pencemaran ringan di Waduk Sermo. Penelitian lain yang pernah dilakukan menyatakan bahwa status mutu air Waduk Sermo pada tahun 2010, 2011, dan 2012 yang dihitung dengan metode Indeks Pencemaran (IP) adalah tercemar ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status mutu air Waduk Sermo setelah keramba jaring apung dilarang beroperasi di Waduk Sermo berdasarkan beberapa parameter kualitas air Waduk Sermo yang dibandingkan dengan Peraturan Gubernur DIY nomor 20 tahun 2008. Penentuan status mutu air menggunakan metode STORET dan Indeks Pencemaran (IP). Kedua metode ini menggunakan prinsip perbandingan antara data kualitas air di lapangan dengan baku mutu air sesuai peruntukannya. Data kualitas air sebagai input kedua metode tersebut diperoleh dengan cara sampling dan uji laboratorium. Parameter kualitas air yang digunakan adalah TDS, pH, temperatur, fosfat, kekeruhan, nitrit, nitrat, NH3-N, dan DO. Dari hasil perhitungan dengan metode STORET diketahui bahwa Waduk Sermo memiliki status mutu air tercemar sedang sedangkan hasil perhitungan dengan metode Indeks Pencemaran (IP) diketahui bahwa Waduk Sermo masih memiliki status mutu air tercemar ringan. Hal ini menandakan bahwa masih terdapat sumber pencemaran lain selain keramba jaring apung.

 

Kata kunci: indeks pencemaran, status mutu air, STORET

Keywords

Status mutu air; STORET; Indeks Pencemaran

Full Text:

PDF

References

Bahari, Y., 2015. Study Hubungan Kuantitas dan Kualitas Air Waduk Sermo Serta Penelusuran Konservasi Lahan Green Belt Waduk Sermo. Master Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 115 tahun 2003 tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air

Peraturan Gubernur DIY nomor 20 tahun 2008 tentang Baku Mutu Air di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

West Virginia Department of Environmental Protection, 2019. DEP. [Online] Available at: http://dep.wv.gov/WWE/getinvolved/sos/Documents/SOSKit/DOSaturation.pdf [Accessed 21 Juli 2019].

Wulandari, 2014. Kajian Kualitas Air Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Bachelor Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Yulianto, B., 2002. Studi Dampak Limbah Cair dari Budidaya Ikan dalam Keramba Jaring Apung terhadap Status Trofik Perairan Waduk Sermo. Master Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.