STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI WILAYAH PELAYANAN IPAL REGIONAL LAGADAR

Salma Savira Siddik, Mohamad Rangga Sururi

Abstract

Pengembangan sistem pengelolaan air limbah domestik harus didasarkan pada strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah melakukan deliniasi wilayah pelayanan dan melakukan analisis SWOT kuantitatif di wilayah perencanaan yang terdiri dari 7 Kecamatan yaitu Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kidul, Dayeuhkolot, Margahayu, Margaasih, dan Cimahi Selatan. Strategi pengelolaan air limbah domestik menggunakan metode analisis SWOT kuantitatif yang mengacu pada pedoman penyusunan rencana induk sistem pengelolaan air limbah dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat akan merencanakan sistem pengelolaan air limbah secara terpusat yaitu membangun IPAL Regional Lagadar yang ditetapkan sebagai Kota Inti pengembangan wilayah Metropolitan Bandung Raya. Wilayah pelayanan IPAL Regional Lagadar merupakan wilayah lingkup dalam analisis SWOT kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, Posisi kuadran di wilayah perencanaan yaitu kuadran II untuk Kecamatan Bandung Kulon dan kuadran III untuk Kecamatan Babakan Ciparay, Bojongloa Kidul, Dayeuhkolot, Margahayu, Margaasih dan Cimahi Selatan. Strategi yang digunakan pada kuadran II yaitu strategi selektif dengan mengembangkan sistem terpusat, namun tetap mengoptimalkan sistem setempat yang sudah ada dan strategi yang digunakan pada kuadran III yaitu strategi agresif dengan mengembangkan sistem terpusat dengan skala kota.

Full Text:

PDF

References

Azwarman, A. (2020). Kajian Kapasitas Tampungan Penyimpanan Air di Catchment Area Danau Sipin. Jurnal Civronlit Unbari, 5(1) : 1-8.

Badan Perencanaan Daerah Kota. (2015). Penyusunan Pemutakhiran Strategi Sanitasi Kota Bandung. Kota Bandung.

Badan Perencanaan Daerah Kota. (2016). Penyusunan Strategi Sanitasi Kabupaten Bandung 2016-2020. Kabupaten Bandung.

Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat. (2016). Laporan Akhir Review Rencana Induk Air Limbah Domestik Perkotaan di Metropolitan Bandung Raya.

Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Bandung. (2018). Buku II Laporan Utama Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Bandung Tahun 2018.

Kecamatan Cimahi Selatan Dalam Angka. (2019). BPS Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Pedoman Penyusunan Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Limbah. (2016). Tahapan Penyusunan Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Limbah Bagian A.

Peraturan Daerah Kabupaten Bandung No. 27 Tahun 2016 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bandung Tahun 2016-2036.

Peraturan Daerah Kota Bandung No. 18 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung Tahun 2011-2031.

Peraturan Daerah Kota Cimahi No. 4 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Cimahi Tahun 2012-2032.

Peraturan Menteri PUPR No. 2 Tahun 2016 tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.

Peraturan Menteri PUPR No. 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Peraturan Menteri PR No. 32 Tahun 2006 tentang Teknis Kawasan Siap Bangun dan Lingkungan Siap Bangun yang Berdiri Sendiri.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024

Dinas Kesehatan, Pemerintah Kota Cimahi. (2017). Profil Kesehatan Kota Cimahi.

Purwoko, S. (2018). Indikator Air Layak Minum dan Sanitasi Layak dalam Mendukung Upaya Kesehatan Lingkungan di Rumah Tinggal. In Proceeding National Seminar Germas 2018, 1 (1).

Sururi, M. R., Notodarmojo, S., and Roosmini, D. (2019). Aquatic Organic Matter Characteristics And Thmfp Occurrence In A Tropical River. International Journal, 17(62) : 203-211.

Sururi, M. R., Notodarmojo, S., Roosmini, D., Putra, P. S., Maulana, Y. E., and Dirgawati, M. (2020). An Investigation of a Conventional Water Treatment Plant in Reducing Dissolved Organic Matter and Trihalomethane Formation Potential from a Tropical River Water Source. Journal of Engineering & Technological Sciences, 52(2).

Syafri, S.H. (2015). Identifikasi Kemiringan Lereng di Kawasan Permukiman Kota Manado Berbasis SIG. Spasial, 1(1) :70-79.

Wicaksono, A. (2017). Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X di Jakarta. Jurnal Manajemen industri dan logistik, 1(2): 192-201.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.