Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebersyukuran dan burnout pada guru. Subjek penelitian ini adalah 119 guru sekolah dasar yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan dua alat ukur untuk pengambilan data, yaitu Gratitude Questionnaire (GQ-6) untuk mengukur kebersyukuran dan Maslach Inventory Burnout (MIB) untuk mengukur burnout. Berdasarkan analisis statistik menggunakan Spearman’s coefficient of rank correlation didapatkan hasil ada korelasi yang negatif antara kebersyukuran dan burnout pada guru sekolah dasar (r = -0,262 ; p < 0,02). Hasil penelitian ini konsisten dengan hipotesis yang diajukan, yaitu terdapat hubungan negatif antara kebersyukuran dan burnout pada guru di Yogyakarta. Hasil analisis antar aspek kebersyukuran dan burnout menujukan bahwa aspek kebersyukuran intensity memiliki hubungan yang paling kuat terhadap burnout dengan nilai r = -0,365 dan taraf signifikansi (p) = 0,000.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).