Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh QS Ali Imran: 139 terhadap self-efficacy pada siswa SMA. QS Ali Imran: 139 dipilih karena memiliki makna yang sesuai dengan definisi self-efficacy itu sendiri, sehingga diharapkan dengan meninjau QS Ali Imran: 139 akan meningkatkan self-efficacy. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 47 siswi kelas X MAN 1 Surakarta yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala efikasi diri dengan aspek-aspek yang ditekankan oleh Bandura. Efek dari penelitian ini diketahui dengan mengurangi hasil post-test dan pre-test dan kemudian kami membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test menghasilkan nilai t (2,586) dan p (0,013) <0,05. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan skor efikasi diri antara kelompok eksperimen (= 7,3043) dan kelompok kontrol (4,2500) setelah perlakuan. Ini berarti ada pengaruh positif QS Ali Imran: 139 pada self-efficacy siswa kelas X MAN 1 Surakarta. Dengan demikian, QS Ali Imran: 139 dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan self-efficacy.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).