Main Article Content
Abstract
Nomophobia merupakan kajian yang penting di era digital. Konsep ini mengungkapkan keterikatan individu pada gawai dan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nomophobia pada mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan nomophobia antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Subjek penelitian ini berjumlah 120 orang. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa Nomophobia Questionnaire (NMP-Q). Metode analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-test. Hasil analisis diperoleh nilai t = -0,356 dengan p = 0,722 (p > 0,050). Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nomophobia pada mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak. Namun demikian, mahasiswa laki-laki memiliki nilai rerata lebih rendah dibandingkan mahasiswa perempuan. Implikasinya adalah dalam memahami permasalahan nomophobia, prevalensi jenis kelamin ditemukan sama di semua jenis kelamin.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).