Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren merupakan suatu tempat pendidikan dan pengajaran yang menekankan pelajaran agama Islam dan didukung asrama sebagai tempat tinggal santri yang bersifat permanen. Santri adalah siswa pondok pesantren yang selama mengikuti pendidikan harus tinggal di pondok pesantren, termasuk para santri baru. Santri baru akan menghadapi lingkungan baru yang menuntut kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penyesuaian diri yaitu suatu keadaan dimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi dengan tempat dimana ia berada.Penyesuaian diri yang baik dapat terjadi jika seorang individu mendapat dukungan sosial dari keluarga, teman, dan orang terdekat. Dukungan sosial adalah kenyamanan secara fisik dan psikologis yang diberikan oleh orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada santriwati kelas VII MTs di Pondok Pesantren Moderen Islam Assalam Sukoharjo yang berjumlah 111 santriwati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik Deskriptif, dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada santriwati kelas VII MTs di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Sukoharjo dengan nilai r = 0,595, p = 0,000 (p < 0,01).
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).