Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dan kesejahteraan subjektif pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 53 guru SLB. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari tiga skala, yaitu skala kebersyukuran yang disusun oleh Listiyandini, dkk., (2015) dan dua skala yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan subjektif yaitu PANAS (Positive Affect and Negatif Affect Scale) yang dibuat oleh Watson, Clark, & Tellegen (1988) juga SWLS (Satisfaction with Life Scale) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Diener, Suh, Lucas, & Smith (1999). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kebersyukuran dan kesejahteraan subjektif pada guru SLB (r = 0,238, p = 0,043; p < 0,05), sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kebersyukuran subjek penelitian maka kesejahteraan subjektif yang dirasakan akan semakin tinggi pula.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).