Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran etnisitas, dukungan dan status sosial orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa keturunan Tionghoa dan siswa Jawa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling, mendapatkan 212 siswa (116 siswa Jawa, 62 siswa keturunan Tionghoa, 34 dari etnis lainnya). Alat ukur terdiri dari skala motivasi berprestasi, skala dukungan orang tua, serta pertanyaan untuk mengetahui etnisitas dan status sosial orang tua. Kedua skala diketahui valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan motivasi berprestasi akademik antara siswa keturunan Tionghoa dan siswa Jawa (p=0,001, p<0,01) dan siswa keturunan Tionghoa memiliki rata-rata motivasi berprestasi yang lebih tinggi sebesar 5,236 daripada siswa Jawa. Selanjutnya, terdapat pengaruh signifikan dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa (p<0,01), terdapat pengaruh yang signifikan status sosial orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa (Fhitung=5,0003 dan Ftabel=2,44), serta terdapat pengaruh signifikan etnisitas, dukungan dan status sosial orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi akademik siswa (p=0,001, p<0,01). Penelitian ini menunjukkan bahwa etnisitas, dukungan dan status sosial orangtua berperan terhadap motivasi berprestasi akademik siswa keturunan Tionghoa dan siswa Jawa
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).