Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peran etnisitas, dukungan dan status sosial orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa keturunan Tionghoa dan siswa Jawa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling, mendapatkan 212 siswa (116 siswa Jawa, 62 siswa keturunan Tionghoa, 34 dari etnis lainnya).  Alat ukur terdiri dari skala motivasi berprestasi, skala dukungan orang tua, serta pertanyaan untuk mengetahui etnisitas dan status sosial orang tua. Kedua skala diketahui valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan motivasi berprestasi akademik antara siswa keturunan Tionghoa dan siswa Jawa (p=0,001, p<0,01) dan siswa keturunan Tionghoa memiliki rata-rata motivasi berprestasi yang lebih tinggi sebesar 5,236 daripada siswa Jawa.  Selanjutnya, terdapat pengaruh signifikan dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa (p<0,01), terdapat pengaruh yang signifikan status sosial orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa (Fhitung=5,0003 dan Ftabel=2,44), serta terdapat pengaruh signifikan etnisitas, dukungan dan status sosial orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi akademik siswa (p=0,001, p<0,01). Penelitian ini menunjukkan bahwa etnisitas, dukungan dan status sosial orangtua berperan terhadap motivasi berprestasi akademik siswa keturunan Tionghoa dan siswa Jawa

Article Details