Main Article Content

Abstract

Sejumlah penelitian secara konsisten menunjukkan adanya pengaruh perundungan di lingkungan kerja (workplace bullying) terhadap stres kerja (job stress) pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh perundungan di lingkungan kerja terhadap stres kerja pada karyawan baru yang bekerja di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang meminta partisipan mengisi kuesioner secara online. Sebanyak 213 orang berpartisipasi menjadi responden dalam penelitian ini. Responden diukur perundungan di lingkungan kerja yang dialami menggunakan Negative Acts Questionnare-Revised (NAQ-R) dan stres kerja yang dialami menggunakan Job Stress Scales (JSS). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan perundungan di lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap stres kerja partisipan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perundungan di lingkungan kerja terhadap stres kerja pada karyawan baru di Jakarta.

Article Details

Author Biographies

Fitri Zakia Surya, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fitri Zakia Surya adalah mahasiswi lulusan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka tahun 2020. Ia menerima gelar sarjana dalam bidang psikologi. Ia seorang wanita yang menyukai dunia psikologi khususnya dalam bidang klinis. Selama kurun waktu empat tahun ia mendalami ilmu psikologi dibangku perguruan tinggi, guna untuk mendapatkan pandangan luas terkait isu-isu kesehatan mental. Selain untuk mendapatkan pandangan luas terkait kesehatan mental, ia tertarik dalam bidang psikologi guna untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental pada lingkungan masyarakat.

Abu Bakar Fahmi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abu Bakar Fahmi merupakan staf pengajar pada Pogram Studi Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka Jakarta. Mata kuliah yag diampu antara lain Psikologi Sosial dan Psikologi Kepribadian. Ia menempuh pascasarjana jurusan psikologi sosial pada Magister Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Jakarta pada tahun 2015. Pendidikan sarjana diperoleh dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2007. Karya tulisnya antara lain tentang teori keadilan (co-author) pada buku Teori Psikologi Sosial Kontemporer (Rajawali Pers, 2017) dan buku Mencerna Situs Jejaring Sosial (Elex Media Komputindo, 2011). Tema kajian yang diminati antara lain tentang kepribadian, keyakinan moral, altruisme, dan media sosial. Penelitian terbarunya tentang pengaruh kepribadian, persepsi risiko, dan bias optimisme terhadap perilaku pencegahan Covid-19 masih dalam proses submission di sebuah jurnal psikologi sosial.