Main Article Content
Abstract
Persepsi dan konsep keagamaan terbentuk bukan hanya melalui proses transformasi gagasan, namun oleh banyak faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Tuhan, karakteristiknya, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan, dan dinamika psikologis, pada anak usia akhir operasional konkret tahapan kognitif Jean Piaget. Data penelitian diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap 2 orang anak usia 10-11 tahun, Muslim, mendapatkan izin dari orangtua, mudah untuk diajak berkomunikasi, dan tinggal di Yogyakarta. Selain itu, pengambilan data juga dilakukan terhadap kedua orangtua (ayah-ibu) dan guru agama di sekolah. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berhasil mengidentifikasikan konsep Tuhan pada periode ini adalah sebagai berikut: Tuhan adalah Pencipta dari segala sesuatu di dunia ini; Tuhan dapat membuat apa saja yang diinginkan-Nya; manusia dapat berhubungan dengan Tuhan dengan menggunakan doa. Karakteristik konsep Tuhan pada periode ini adalah (1) doktrin, (2) miskin orisinalitas gagasan, (3) gagasan Tuhan berkembang dari Tuhan yang personal ke Tuhan yang impersonal, (4) Tuhan itu baik, (5) hubungan dengan Tuhan hanya dapat dilakukan dengan berdoa, (6) dua jenis hubungan antara Tuhan-manusia: hubungan transaksional dan hubungan pengajaran dengan menggunakan konsekuensi, (7) berkembangkannya rasa bersalah sebagai penanda berkembangnya hati nurani.
Kata kunci : konsep Tuhan, gagasan, transformasi gagasan
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).