Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa tes UPCM mampu memprediksi perstasi belajar mahasiswa fakultas Psikologi UII angkatan 2000.
Subjek penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UII angkatan 2000 sebanyak 178 subjek yang memenuhi syarat sebanyak 170. Cara pengambilan datanya dengan menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari PUSKOM UII untuk UPCM sedangkan IPK diperoleh dari Bagian Akademik Fakultas Psikologi UII.
Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson. Hasil yang diperoleh adalah antara total UPCM dengan IPK ganjil diperoleh koefisien korelasi sebesar r = 0,268 sedangkan koefisien korelasi antara total UPCM dengan IPK genap sebesar r = 0,263, koefisien korelasi yang diperoleh kurang dari 0,30. Hal ini menunjukkan suatu hasik yang tidak memuaskan karena koefisien korelasi yang dianggap memuaskan apabila lebih dari 0,30 (Azwar, 2000).
Kata Kunci : Prestasi Belajar, UPCM, Validitas Prediktif
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).