Studi Tentang Profil Pengasuhan Orang Tua Anak-Anak Berprestasi di Yogyakarta

H. Fuad Nashori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengasuhan orang tua dari anak-anak yang berprestasi. Hal-hal yang ingin diketahui adalah usaha-usaha yang dilakukan anak untuk mencapai prestasi,. Hal-hal yang dipandang orang tua untuk dimiliki anak, dan cara-cara pengasuhan yang dilakukan orang tua agar anak mencapai prestasi optimal.
Yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak-anak yang berprestasi yang sedang menempuh pendidikan dasar. Jumlah informan sebanyak 10 orang. Informan diperoleh berdasarkan purposive sampling dan snowball sampling. Informasi diperoleh dengan cara melakukan wawancara yang mendlam dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki prestasi unggul, baik akademis maupun non-akademis, melakukan hal-hal berikut ini, yaitu (a) melatih dan meningkatkan bakat-bakat yang dimiliki (b)mengikuti berbagai macam lomba (c)melakukan tugas-tugas dengan senang hati (d) disiplin dalam belajar dan (e) belajar secara berkelompok.
Hasil berikutnya adalah orang tua dari anak-anak yang berprestasi memiliki pandangan bahwa ada beberapa prinsip yang perlu dimiliki anak untuk mengantarkan anak mejadi individu yang berprestasi, yaitu (a)perilaku keagamaan dan moral etik, 9b) kedisiplinan, (c) kepemimpinan, (d) prestasi dan motif berprestasi, serta (e) keprihatinan, kesabaran dan menunda kenikmatan.
Dari penelitian lapangan juga diketahui bahwa orang tua dari anak-anak yang berprestasi melakukan hal-hal berikut ini, yaitu (a) menemani atau mendampingi anak saat belajar, (b) memberi pengarahan, peringatan dan melakukan kontrol penghargaan terhadap anak, (c) menjadi teladan bagi anak-anak, dan (d) memberi perlakuan yang adil terhadap anak laki-laki dan anak perempuan.


Kata Kunci : Profil pengasuhan orang tua, Anak – anak berprestasi

Full Text:

PDF


Copyright (c)




PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

ISSN 1410-1289 (print), 2579-6518 (online)
Email : psikologika@uii.ac.id

Indexed in:

     

Flag Counter site stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.