Main Article Content
Abstract
Â
Peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja sering menimbulkan permasa/ahan serius, tidak hanya menyangkut permasalahan ekonomi, tetapijuga psikologis. Memperhatikan kondisi tersebut program persiapan menuju dunia kerja yang terintegrasi sangat perlu difakukan untuk
membantu siswa mengatasi permasa/ahan-permasalahan yang muncul. Sistem pembelajaran Yang mampu menghubungkanjenis pendidikan yang di/akukan di sekolah dengan persyaratan dunia kerja bertujuan untuk
meningkatkan struktur efikasi diri siswa terhadap karimya. Sistem pembe/ajaran yang dapat meningkatkan keyakinan efikasi diri  siswa terhadap karir tersebut dinamakan pembelajaran kontekstual (contextual learning), pembelaiaran berdasarl<anpennasalahan(prob/em-basedleaming) dan pembelajaran berdasarkan komunitas (community-based learning).
Tujuan penulisan ini adalah untuk memahami cara peningkatan efikasi diri terhadap karir siswa me/alui desain sistem pembefajaran agar dapat mengatasi permasalahan yang muncul selama masa transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja.
Â
Kata  Kunci: sistem  pembelajaran, efikasi diri terhadap karir, siswa
Â
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).