Main Article Content

Abstract

Tulisan ini bermaksud menjefaskan (a) bagaimana penghargaan
psikolog, o_rangtua, pendidik terhadap inislatif dan kreativitas anak, {b)
bagaimana mengembangkan inisiatif dan kreativitas anak, dan (c)
bagaimana langkah-langkah pelatihan kreativitas untuk anak-anak difa·
kukan.
Psikologi, guru, dan orangtua ternyata cukup mementingkan ciri
inisiatif pada anak didik. Sementara dalam hal kreativitas anak,
dibandingkan dengan ciri-ciri yang diutamakan psikolog, ciri-ciri yang
paling diinginkan orangtua dan guru kurang mencerminkan kepribadian
kreatif.
Dalam pengembangan dan pelatihan kreativitas anak, ada empat
dimensi yang perlu diperhatikan, yaitu kefancaran, fleksibilitas.
orisinalitas, dan elaborasi.

Kata kunci : lnisiatif, kreativitas, perkembangan psikososial, berpikir kreatif, pelatihan kreativitas

Article Details