Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dibuat dengan
"angka kurang" (odd price) terhadap keputusan membeli. Adapun hipotesis yang diajukan adalah: ada pengaruh harga dibuat dengan "angka kurang" odd price terhadap keputusan membeli, di mana odd price mendorong subjek menetapkan pilihan barang dalam mengambil keputusan beli, dan subjek cenderung memurahkan terhadap produk-produk yang diberi label odd price. Penelitian dlikuti oleh 40 subjek. Metode eksperimen mengambil disain Posttest only Control Group Design (disain kelompok pengendalihanya untuk puma uji). Pada kelompok kontrol sajian hanya terdiri atas even price, sedangkan di kelompok eksperimen terdiri aras old dan even price. Kelompok eksperimen dalam cara penyajiannya dibedakan secara serial dan pararel. Secara serial, di mana penyajian antara produk yang berlabel odd dan even price dilakukan pada ruang yang berbeda.
Sedangkan para rel adalah kedua label harga disajikan secara bersamaan
dalam satu ruang. Sebelum eksperimen sesungguhnya, dilakukan pilot
study sebagai persiapan dan penyempumaan terhadap segala sesuatunya
yang berhubungan dengan a/at eksperimen. Anafisis statistik difakukan
dengan Chi-square. Hasil analisis statistik menunjukkan tidak ada pengaruh
yang signitikan pada pemberian label odd pricing terhadap keputusan
membeli produk-produk yang disajikan pada penelitian ini.
Kata kunci: Odd price even price, keputusan membeli, tahap
pengambilan keputusan
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).