Pengaruh Harga Dibuat Dengan "Angka Kurang" Terhadap Keputusan Membeli

Nardi Nardi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dibuat dengan
"angka kurang" (odd price) terhadap keputusan membeli. Adapun hipotesis yang diajukan adalah: ada pengaruh harga dibuat dengan "angka kurang" odd price terhadap keputusan membeli, di mana odd price mendorong subjek menetapkan pilihan barang dalam mengambil keputusan beli, dan subjek cenderung memurahkan terhadap produk-produk yang diberi label odd price. Penelitian dlikuti oleh 40 subjek. Metode eksperimen mengambil disain Posttest only Control Group Design (disain kelompok pengendalihanya untuk puma uji). Pada kelompok kontrol sajian hanya terdiri atas even price, sedangkan di kelompok eksperimen terdiri aras old dan even price. Kelompok eksperimen dalam cara penyajiannya dibedakan secara serial dan pararel. Secara serial, di mana penyajian antara produk yang berlabel odd dan even price dilakukan pada ruang yang berbeda.
Sedangkan para rel adalah kedua label harga disajikan secara bersamaan
dalam satu ruang. Sebelum eksperimen sesungguhnya, dilakukan pilot
study sebagai persiapan dan penyempumaan terhadap segala sesuatunya
yang berhubungan dengan a/at eksperimen. Anafisis statistik difakukan
dengan Chi-square. Hasil analisis statistik menunjukkan tidak ada pengaruh
yang signitikan pada pemberian label odd pricing terhadap keputusan
membeli produk-produk yang disajikan pada penelitian ini.

Kata kunci: Odd price even price, keputusan membeli, tahap
pengambilan keputusan

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi




PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

ISSN 1410-1289 (print), 2579-6518 (online)
Email : psikologika@uii.ac.id

Indexed in:

      

Flag Counter site stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.