Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan prediksi efikasi·diri dan pusat kendali terhadap prokrastinasi akademik. Penelaahan alasan alasan prokrastinasi yang menghubungkan efikasi-diri dan pusat kendali dengan prokrastinasi akademik memperjelas dinamika psikologis keÂmunculan prokrastinasi akademik.
Subjek penelitian berjumlah 111 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Gadjah Mada. Metode angket dengan Skala Pusat Kendali, Skala EfikasiÂ
diri dan Skala Prokrastinasi Akademik d1pergunakan untuk memperoleh
data.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Ganda
dan Analisis Varian Jalur. Hasil analisis Regresi Ganda menunjukkan bahwa kedua prediktor dapat dipergunakan sebagai prediktor atas kemunculan prokrastinasi akademik, dengan nilai korelasi sebesar 0,44646 (p<0,001 ). Dari hasil Analisis Varian 2 Jalur nifai rerata tertinggi prokrasÂtinasi akademik terdapat pada sel kategori efikasi-diri rendah dan pusat kendali eksternal. Dengan demikian terbukti bahwa prokrastinasi akademik lebih besar kemungkinan muncul pada subjek mahasiswa dengan efikasi-diri rendah dan pusat kendafi ekstemal.
Kata kunci : Pusat kendali. efikasi diri, prokrastinasi akademik
Subjek penelitian berjumlah 111 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Gadjah Mada. Metode angket dengan Skala Pusat Kendali, Skala EfikasiÂ
diri dan Skala Prokrastinasi Akademik d1pergunakan untuk memperoleh
data.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Ganda
dan Analisis Varian Jalur. Hasil analisis Regresi Ganda menunjukkan bahwa kedua prediktor dapat dipergunakan sebagai prediktor atas kemunculan prokrastinasi akademik, dengan nilai korelasi sebesar 0,44646 (p<0,001 ). Dari hasil Analisis Varian 2 Jalur nifai rerata tertinggi prokrasÂtinasi akademik terdapat pada sel kategori efikasi-diri rendah dan pusat kendali eksternal. Dengan demikian terbukti bahwa prokrastinasi akademik lebih besar kemungkinan muncul pada subjek mahasiswa dengan efikasi-diri rendah dan pusat kendafi ekstemal.
Kata kunci : Pusat kendali. efikasi diri, prokrastinasi akademik
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).