Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan prediksi efikasi·diri dan pusat kendali terhadap prokrastinasi akademik. Penelaahan alasan­ alasan prokrastinasi yang menghubungkan efikasi-diri dan pusat kendali dengan prokrastinasi akademik memperjelas dinamika psikologis ke­munculan prokrastinasi akademik.
Subjek penelitian berjumlah 111 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Gadjah Mada. Metode angket dengan Skala Pusat Kendali, Skala Efikasi­
diri dan Skala Prokrastinasi Akademik d1pergunakan untuk memperoleh
data.
Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Ganda
dan Analisis Varian Jalur. Hasil analisis Regresi Ganda menunjukkan bahwa kedua prediktor dapat dipergunakan sebagai prediktor atas kemunculan prokrastinasi akademik, dengan nilai korelasi sebesar 0,44646 (p<0,001 ). Dari hasil Analisis Varian 2 Jalur nifai rerata tertinggi prokras­tinasi akademik terdapat pada sel kategori efikasi-diri rendah dan pusat kendali eksternal. Dengan demikian terbukti bahwa prokrastinasi akademik lebih besar kemungkinan muncul pada subjek mahasiswa dengan efikasi-diri rendah dan pusat kendafi ekstemal.
Kata kunci : Pusat kendali. efikasi diri, prokrastinasi akademik

Article Details