Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan kreativitas siswa Sekolah Menengah Umum. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan yang positif antara religiusitas dengan kreativitas siswa Sekolah Menengah Umum. Subjek penelitian ini adalah siswa SMU Negeri 3 Sukabumi yang berusia 15-18 tahun, beragama Islam dan memiliki tingkat inteligensi rataÂ-rata dan di atas rata-rata. Subjek penelitian berjumlah 80 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah (a) Tes Kreativitas Verbal dari Utami Munandar, (b) Tes inteligensi dari J.C. Raven, (c) Angket Refigiusitas yang terdiri alas Angket Refigiusffas I yang mengukur dimensi akidah, ibadah, akhlak dan ihsan dan Angket Refigiusitas II yang mengukur dimensi ilmu Agama. Dengan menggunakan analisis produel moment (Pearson) diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara religiusitas dengan kreativitas siswa Sekolah Menengah Umum.
Kata kunci: religiusitas, kreativitas, inteligensi, siswa.
Kata kunci: religiusitas, kreativitas, inteligensi, siswa.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).