Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kompetensi interpersonal dengan kemandirian, terdapat hubungan antara konsep diri dengan kemandirian dan terdapat hubungan ganda antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian anak asuh di panti asuhan yatin Islam di Yogyakarta.
           Subjek penelitian ini adalah anak asuh di panti asuhan yatim Islam Kota Yogyakarta yang berusia remaja (13-21 tahun). Panti asuhan yatim Islam di Kota Yogyakarta terdapat tiga panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah, Panti Asuhan Yatim Putri Islam dan Panti Asuhan Yatim Putri ‘Asyiyah. Subjek diambil secara random dengan berpedoman pada Tabel Kecjie, yaitu 85 subjek.
           Alat ukur yang digunakan adalah angket kemandirian, angket kompetensi interpersonal dan angket konsep diri yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan; terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi interpersonal dengan kemandirian (r = 0,600), terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kemandirian (r = 0,592). Hubungan ganda antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian tidak dapat dianalisis karena terjadi kolinearitas antara dua variabel bebas.
Â
Kata Kunci   :   Kemandirian, Kompetensi Interpersonal, Konsep Diri
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).