Kemandirian Anak Di Panti Asuhan Yatim Islam Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kompetensi Interpesonal

Muhammad Lukman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kompetensi interpersonal dengan kemandirian, terdapat hubungan antara konsep diri dengan kemandirian dan terdapat hubungan ganda antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian anak asuh di panti asuhan yatin Islam di Yogyakarta.

            Subjek penelitian ini adalah anak asuh di panti asuhan yatim Islam Kota Yogyakarta yang berusia remaja (13-21 tahun). Panti asuhan yatim Islam di Kota Yogyakarta terdapat tiga panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah, Panti Asuhan Yatim Putri Islam dan Panti Asuhan Yatim Putri ‘Asyiyah. Subjek diambil secara random dengan berpedoman pada Tabel Kecjie, yaitu 85 subjek.

            Alat ukur yang digunakan adalah angket kemandirian, angket kompetensi interpersonal dan angket konsep diri yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan; terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi interpersonal dengan kemandirian (r = 0,600), terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kemandirian (r = 0,592). Hubungan ganda antara kompetensi interpersonal dan konsep diri dengan kemandirian tidak dapat dianalisis karena terjadi kolinearitas antara dua variabel bebas.

 

Kata Kunci    :    Kemandirian, Kompetensi Interpersonal, Konsep Diri

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi




PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi

ISSN 1410-1289 (print), 2579-6518 (online)
Email : psikologika@uii.ac.id

Indexed in:

      

Flag Counter site stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.