Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesesuaian konsep diri nyata dan ideal dengan kemampuan manajemen diri pada mahasiswa pelaku organisasi. Selain itu juga akan dilihat apakah ada perbedaan kemampuan manajemen diri antara pelaku organisasi yang berstatus top executive (ketua umum) dengan yang berstatus non top executive (ketua bidang).

            Subjek penelitian berjumlah 72 orang, 36 orang berstatus ketua umum dan 36 orang ketua bidang pada organisasi kemahasiswaan, semua berusia 18-24 tahun. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dengan product moment dari Pearson dan uji perbedaan dengan anava 1 jalur.

            Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara kesesuaian konsep diri nyata dan ideal dengan kemampuan manajemen diri pada mahasiswa pelaku organisasi (r xy = - 0.801; p<0.01). Sumbangan kesesuaian konsep diri nyata dan ideal terhadap kemampuan manajemen diri sebesar 63.1%. Hasil analisis tambahan menunjuk tidak adanya perbedaan kemampuan manajemen diri antara pelaku organisasi yang berstatus top executive dengan yang berstatus non top executive (F= 0.003; p>0.05).

 

 

Kata Kunci    :   konsep diri, manajemen diri, pelaku organisasi

 

Article Details