Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui secara empiris metode penyajian materi kosakata baru, dalam hal ini kosakata bahasa Inggris, yang tepat diberikan kepada anak prasekolah di Taman Kanak-Kanak Al-Quran. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan efektifitas metode penyajian materi pelajaran yaitu metode awal-akhir,  metode awal-tengah, dan metode tengah-akhir terhadap kemampuan anak prasekolah mengingat materi pelajaran berupa kosakata bahasa inggris. Metode tengah-akhir akan menghasilkan skor yang lebih tinggi daripada metode awal-akhir dan metode awal-tengah.

            Subjek penelitian ini adalah santri Madrasah Diniyah Al-Quran Aisyiah (MDAA) Tegalrejo, Yogyakarta yang berusia 5-6 tahun, belum pernah mengikuti kursus bahasa inggris dan belum pernah menerima pelajaran bahasa inggris di sekolah. Subjek berjumlah 31 orang. Alat ukur yang digunkan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Inggris. Angket berisi pertanyaan-pertanyaan tentang kondisi lingkungan rumah subjek yang berkaitan dengan pengenalan bahasa inggris dan gambar yang merupakan materi pelajaran kosakata bahasa inggris sebanyak 48 buah.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metode awal-tengah, metode awal-akhir dan metode tengah-akhir. Analisis data menggunakan anava amatan ulangan 1-faktor menunjukkan nilai sebesar FoA sebesar 15,618 dengan p<0,01. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa metode awal-akhir menunjukkan hasil lebih baik daripada metode awal-tengah, sedangkan antara metode awal-akhir dan metode tengah-akhir tidak menunjukkan perbedaan.

 

Kata Kunci     :    Anak prasekolah, Kosakata, Metode Penyajian

Article Details