Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui secara empiris metode penyajian materi kosakata baru, dalam hal ini kosakata bahasa Inggris, yang tepat diberikan kepada anak prasekolah di Taman Kanak-Kanak Al-Quran. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan efektifitas metode penyajian materi pelajaran yaitu metode awal-akhir, metode awal-tengah, dan metode tengah-akhir terhadap kemampuan anak prasekolah mengingat materi pelajaran berupa kosakata bahasa inggris. Metode tengah-akhir akan menghasilkan skor yang lebih tinggi daripada metode awal-akhir dan metode awal-tengah.
           Subjek penelitian ini adalah santri Madrasah Diniyah Al-Quran Aisyiah (MDAA) Tegalrejo, Yogyakarta yang berusia 5-6 tahun, belum pernah mengikuti kursus bahasa inggris dan belum pernah menerima pelajaran bahasa inggris di sekolah. Subjek berjumlah 31 orang. Alat ukur yang digunkan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Inggris. Angket berisi pertanyaan-pertanyaan tentang kondisi lingkungan rumah subjek yang berkaitan dengan pengenalan bahasa inggris dan gambar yang merupakan materi pelajaran kosakata bahasa inggris sebanyak 48 buah.
           Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara metode awal-tengah, metode awal-akhir dan metode tengah-akhir. Analisis data menggunakan anava amatan ulangan 1-faktor menunjukkan nilai sebesar FoA sebesar 15,618 dengan p<0,01. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa metode awal-akhir menunjukkan hasil lebih baik daripada metode awal-tengah, sedangkan antara metode awal-akhir dan metode tengah-akhir tidak menunjukkan perbedaan.
Â
Kata Kunci    :    Anak prasekolah, Kosakata, Metode Penyajian
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).