Efektivitas Pelatihan Taktik Mempengaruhi Secara Rasional Terhadap Kepatuhan Anak

Wenty Marina Minza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan taktik mempengaruhi secara rasional dalam meningkatkan kepatuhan anak. Hipotesis penelitian: ada perbedaan kepatuhan antara anak yang mengikuti pelatihan taktik mempengaruhi secara rasional dan yang tidak mengikuti pelatihan. Anak yang mengikuti pelatihan taktik mempengaruhi secara rasional memiliki kepatuhan yang lebih tinggi dibanding yang tidak mengikuti pelatihan taktik mempengaruhi secara rasional.

            Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku kepatuhan anak dan treatmentnya adalah modul pelatihan mempengaruhi secara rasional. Subjek terdiri atas 15 orang. Kelompok eksperimen (terdiri dari 10 anak) berasal dari SD Islamiyah Paku Alaman Yogyakarta, sementara kelompok kontrol yang terdiri dari lima subjek berasal dari SD Islamiyah Warung Boto Yogyakarta.

            Hasil analisis data dengan Teknik Mann-Whitney. Dari uji data tersebut ditemukan bahwa jenis taktik mempengaruhi secara rasional, baik berupa penalaran yang menekankan empati maupun negosiasi dapat menghasilkan tingkat kepatuhan yang lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak menerima perlakuan ini. Perbedaan hasil antara dua teknik statistik itu kemungkinan disebabkan penyebaran skor yang lebih merata ketika ketiga kelompok dibandingkan secara bersamaan karena mean rank.

 

 

Kata Kunci    :    Kepatuhan anak, Taktik mempengaruhi secara rasional.

 

Full Text:

PDF


Contact

Program Psikologi

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: psikologika@uii.ac.id

 

PSIKOLOGIKA : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
Published by: 
Program of Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
PSIKOLOGIKA  at http://journal.uii.ac.id/index.php/Psikologika/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.