Main Article Content
Abstract
Latar belakang:
Tutorial merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar dalam Problem based learning (PBL). Selama ini pencapaian tujuan belajar tutorial dalam blok penyakit infeksi tropis belum maksimal karena masih menggunakan skenario berbentuk paper case. Penggunaan video case dalam tutorial blok penyakit infeksi tropis diharapkan mampu meningkatkan ketercapaian tujuan belajar dalam blok penyakit infeksi tropis.
Tujuan:
Membandingkan rerata ketercapaian ujuan belajar, rerata nilai ujian tulis antara mahasiswa dengan skenario tutorial video case dan paper case dan akseptabilitas mahasiswa terhadap penggunaan skenario video case.
Metode:
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan rancangan cross-sectional. Penelitian ini melibatkan 137 mahasiswa pendidikan dokter FK UII angkatan 2012 dan 2011. Mahasiswa angkatan 2012 mendapatkan 3 skenario video case sedangkan angkatan 2011 menggunakan 3 skenario paper case. Kemudian dilihat rerata ketercapaian ujuan belajar, rerata nilai ujian tulis dan akseptabilitas skenario video case. Penelitian ini juga membandingkan hasil yang didapat antara mahasiswa angkatan 2012 dan 2011.
Hasil dan pembahasan:
Persentase ketercapaian tujuan belajar angkatan 2012 pada ketiga skenario berturut turut adalah 100%; 100%; dan 100%, sedangkan pada angkatan 2011 adalah 89,9%; 88,8%; dan 58,5%. Ketercapaian tujuan belajar angkatan 2012 lebih tinggi dan berbeda secara bermakna (p=0,000) dibandingkan dengan angkatan 2011. Persentase jawaban benar ujian akhir angkatan 2012 (71,7%) lebih tinggi dibandingkan angkatan 2011 (40,3%) dan berbeda bermakna (p=0,000). Sebanyak 98,33% mahasiswa menilai video case bermanfaat, 95% meningkatkan pemahaman, 85% pelaksanaannya telah baik.
Tutorial merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar dalam Problem based learning (PBL). Selama ini pencapaian tujuan belajar tutorial dalam blok penyakit infeksi tropis belum maksimal karena masih menggunakan skenario berbentuk paper case. Penggunaan video case dalam tutorial blok penyakit infeksi tropis diharapkan mampu meningkatkan ketercapaian tujuan belajar dalam blok penyakit infeksi tropis.
Tujuan:
Membandingkan rerata ketercapaian ujuan belajar, rerata nilai ujian tulis antara mahasiswa dengan skenario tutorial video case dan paper case dan akseptabilitas mahasiswa terhadap penggunaan skenario video case.
Metode:
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan rancangan cross-sectional. Penelitian ini melibatkan 137 mahasiswa pendidikan dokter FK UII angkatan 2012 dan 2011. Mahasiswa angkatan 2012 mendapatkan 3 skenario video case sedangkan angkatan 2011 menggunakan 3 skenario paper case. Kemudian dilihat rerata ketercapaian ujuan belajar, rerata nilai ujian tulis dan akseptabilitas skenario video case. Penelitian ini juga membandingkan hasil yang didapat antara mahasiswa angkatan 2012 dan 2011.
Hasil dan pembahasan:
Persentase ketercapaian tujuan belajar angkatan 2012 pada ketiga skenario berturut turut adalah 100%; 100%; dan 100%, sedangkan pada angkatan 2011 adalah 89,9%; 88,8%; dan 58,5%. Ketercapaian tujuan belajar angkatan 2012 lebih tinggi dan berbeda secara bermakna (p=0,000) dibandingkan dengan angkatan 2011. Persentase jawaban benar ujian akhir angkatan 2012 (71,7%) lebih tinggi dibandingkan angkatan 2011 (40,3%) dan berbeda bermakna (p=0,000). Sebanyak 98,33% mahasiswa menilai video case bermanfaat, 95% meningkatkan pemahaman, 85% pelaksanaannya telah baik.