Main Article Content
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah mata kuliah wajib universitas yang juga diselenggarakan di Prodi Farmasi UII. Permasalahan dalam pengajaran selama ini adalah mahasiswa ketika menempuh perkuliahan dinilai belum begitu siap menerima materi. Mereka masuk ke kelas seakan hanya menjalankan formalitas belaka. Parahnya adalah hanya sekedar hadir supaya dapat perhitungan presensi memenuhi syarat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Kondisi seperti ini harus segera diubah. Pelaksanaan metode Flipped Classroom (Kelas Terbalik) bertujuan supaya mahasiswa sudah ada bekal materi yang akan disampaikan di kelas sebelum perkuliahan dimulai. Mahasiswa diharapkan lebih siap mengikuti proses pembelajaran. Inovasi Flipped Classroom digunakan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Aplikasi TI yang dimaksimalkan adalah media sosial Youtube dan Google Classroom. Maraknya media sosial di kalangan mahasiswa harus dijembatani bukan malah dilarang sama sekali. Youtube adalah salah satu mdeia sosial yang digemari oleh mahasiswa. Program pembelajaran ini juga menekankan pada keaktifan mahasiswa. Tujuan utama dari pelaksanaan pembelajaran ini adalah menganalisis metode pengajaran yang paling tepat dengan mengedepankan Student Centered Learning (SCL). Salah satu cara mengukur ketercapaian program adalah dengan melihat video reflektif mahasiswa terkait tema yang telah dibahas di kelas.