Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengimplementasian metode penggunaan software R untuk menunjang kemampuan pemograman mahasiswa. Studi kasus dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan baru Tahun Ajaran 2019/2020 di program studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Dasar dari pelaksanaan pemrograman R adalah memperkenalkan mahasiswa dalam permograman sebagai bekal untuk mata kuliah di semester berikutnya dan bisa menyelesaikan persoalan berkaitan dengan Kalkulus dengan komputasi matematis. Variabel bebas yang digunakan dalam hal ini adalah nilai rata-rata ujian dan kepuasan responden. Berdasarkan pelaksanaan, diperoleh rata-rata nilai sampel lebih dari batas minimum dan berdasarkan Indeks Importance–Performance Analysis (IPA), semua kategori terisis dari prioritas utama hingga prioritas berlebih. Sementara dari hasil kuesioner, sebagian besar responden sangat puas dengan adanya pemrograman di mata kuliah tersebut. Kendarti demikian, perlu dilakukan evaluasi yakni adanya tutor dalam pelaksanaan diperkuliahan dan identifikasi kekurangan sarana dan prasarana pada setiap mahasiswa.