Main Article Content

Abstract

Munculnya era baru yang sering digaungkan dengan nama Era Industri 4.0 telah menggeser beberapa perubahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi dosen-dosen di perguruan tinggi saat ini. Berbagai matakuliah yang tidak relevan dituntut untuk mampu merubah diri agar bisa menyesuaiakn dengan perkembangan industri 4.0 ini. Dosen sendiri, selaku pengampu matakuliah teknik sampling sangat memerlukan pengetahuan yang menyegarkan otak, yang mampu menambal gap antara akademik dan industri untuk mata kuliah teknik sampling. Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan industri, didapatkan banyak masukan bahwa perlu adanya suntikan ilmu baru dari industri untuk mahasiswa Statistika yang sedang mengenyam matakuliah Teknik Sampling. Adanya teknik-teknik inovasi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk menangani teknik sampling yang digunakan dalam rangka melakukan efisiensi riset pada era industri 4.0 saat ini. Beberapa dari mereka telah melakukan disrupsi surveyor pada teknik yang digunakan menggunakan aplikasi digital yang telah dibuat. Beberapa lainnya melakukan berbagai inovasi yang tentunya perlu diketahui oleh mahasiswa Statistika pada kelas Teknik Sampling. Hal tersebut melatarbelakangi saya untuk menerapkan metode pembelajaran Outcame-based education yang dikombinasi dengan Blended Learning pada matakuliah yang saya ampu yaitu Teknik Sampling (c) dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa Statistika untuk beradaptasi menghadapi Era Industri 4.0.

Article Details