Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pembelajaran yang menuntut mahasiswa agar bisa belajar lebih efektif dan memiliki kemampuan sesuai yang dibutuhkan dalam dunia kerja, juga memicu mahasiswa untuk kreatif dan antusias pada mata kuliah Teknik Lingkungan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PSTK UII yang mengikuti mata kuliah Teknik Lingkungan tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan sesuai objek penelitian, yaitu: (1) implementasi blended learning melalui observasi dan (2) persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran melalui angket. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam program ini adalah integrasi kuliah tatap muka, praktikum dan expo. Hasil pengukuran capaian dari indikator keberhasilan program adalah kemampuan mahasiswa dalam memahami dan melaksanakan praktikum pirolisis ditunjukkan dengan hasil nilai pre test, UTS, post test dan praktikum, tingkat ketercapaian pembelajaran yang dihitung dari jumlah mahasiswa dengan nilai sama dengan atau lebih tinggi dari B adalah sebesar 94% dan tingkat ketercapaian kepuasan mahasiswa dihitung dari jumlah mahasiswa yang memberikan respon setuju dan sangat setuju terhadap kegiatan praktikum dibagi dengan jumlah responden adalah sebesar 100%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, metode pembelajaran yang telah diusulkan akan dilanjutkan untuk masa yang akan datang, namun perlu adanya peninjauan kembali terhadap kurikulum, capaian pembelajaran mata kuliah dan pelaksanaan pre test serta post test yang berkaitan dengan kehadiran mahasiswa.