Main Article Content

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai islam kedalam sistem pembelajaran daring, dan juga melakukan inovasi pembelajaran melalui materi ajar yang diberikan kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran daring baik dengan metode komunikasi sinkron maupun asinkron. Selain itu juga untuk meningkatkan integasi antara nilai-nilai islam dan ilmu pengetahuan terkait Islamic E-business serta kemampuan mahasiswa melalui mata kuliah ini dengan menggunakan metode pembelajaran SCL.
Inovasi yang diterapkan adalah integrasi nilai-nilai islam kedalam aktifitas pembelajaran daring melalui metode komunikasi sinkron dan asinkron. dalam komunikasi sinkron, pengintegrasian nilai nilai islam dilaksanakan dengan memasukkan nilai-nilai islam tersebut kedalam setiap materi ajar baik berupa gambar maupun video yang akan diberikan kepada mahasiswa dalam setiap aktifitas pembelajarannya. Adapun dalam model komunikasi asinkron, pengintegrasian nilai-nilai islam dilakukan secara langsung oleh dosen/tutor dengan memanfaatkan aplikasi ataupun software yang mendukung untuk model komunikasi asinkron tersebut, seperti google classroom, zoom, youtube, dll.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini dimulai dengan menyusun rencana pembelajaran smester sebanyak 28 pertemuan dengan rangkaian aktifitas yang berfariasi. Kegiatan perkuliahan ini akan diawali dengan kontrak belajar, dimana dosen dan mahasiswa menyepakati hal-hal yang terkait dengan proses pembelajaran dari awal hingga akhir. Penyampaian nilai-nilai islam dalam pembelajaran daring ini dilaksanakan dengan menggunakan model komunikasi sinkron maupun asinkron.
Beberapa hal yang dapat jadikan cacatan adalah literasi, Watak dan sikap mahasiswa yang berbeda-beda dalam melaksanakan perkuliahan daring ini khususnya pada pemberian materi ajar. Kebiasaan mahasiswa yang selama ini mungkin masih terbiasa dengan sistem teacher center learning (TCL) menyebabkan beberapa mahasiswa masih kurang aktif dalam proses belajar.

Article Details