Main Article Content

Abstract

Asesmen merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Tingkat ketercapaian pembelajaran dapat dilihat dari hasil asesmen yang dilakukan. Melalui asesmen, pendidik juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada pelaksanaan asesmen, perlu memperhatikan kesesuaian antara model asesmen dengan kompetensi yang akan diukur. Sehingga sangat mungkin ada model asesmen antara satu mata kuliah dengan mata kuliah lainnya. Penelitian ini meneliti tentang model asesmen yang diterapkan dalam perkuliahan Media dan Sumber Belajar PAI yang dalam pelaksanaannya mengadaptasi metode design thinking. Model asesmen ini dirancang untuk menilai tingkat ketercapaian pembelajaran mata kuliah mahasiswa dalam menahami konsep dasar media dan sumber belajar, menganalisis kebutuhan media pembelajaran di lembaga pendidikan, dan merancang media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pengguna media pembelajaran tersebut. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam JSI FIAI UII yang mengambil mata kuliah Media dan Sumber Belajar PAI pada semester genap tahun akademik 2019/2020 dengan jumlah peserta sebanyak 89 orang. Penelitian research and development ini dilakukan sepanjang proses perkuliahan dengan jumlah asesmen sebanyak 6x untuk mengukur 3 CPMK yang dirancang. Model asesmen dalam perkuliahan ini adalah asesmen dengan menggunakan tahap-tahap dalam design thinking pada pembagian komponen asesmennya. selain itu ditambah pula dengan penilaian produk akhir media pembelajaran. Hasil asesmen ini adalah 86.39% mahasiswa lulus dengan nilai minimal B. Artinya mayoritas mahasiswa telah menguasai perancangan media pembelajaran dengan menggunakan metode design thinking dan dapat dibuktikan dengan hasil asesmen dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Article Details