Main Article Content

Abstract

Wabah Covid-19 yang saat ini melanda dunia telah membawa dampak yang sangat signifikan. Kebijakan dalam dunia pendidikan mewajibkan adanya perubahan modus belajar tatap muka menjadi pembelajaran daring jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Model of Learning and Teaching Activities (MOLTA) serta mengevaluasi penerapan metode ini dalam kuliah Manajemen Zakat dan Pajak. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada mata kuliah Manajemen Zakat dan Pajak di Program Studi Ekonomi Islam UII di semester Ganjil 2020/2021. Mata kuliah ini diselenggarakan dalam 28 pertemuan dengan bobot 4 SKS dengan jumlah mahasiswa sebanyak 38 orang. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa: 1) baik mahasiswa maupun dosen mengalami berbagai permasalahan dalam pembelajaran daring; 2) beberapa media yang digunakan dalam proses pembelajaran daring diantaranya: Google Classroom, Google Docs, Google Form, Google Slides, Panopto, Zoom Meeting, Kahoot! it, Padlet, dan YouTube. Adapun bahan ajar yang digunakan terdiri dari buku ajar, video, jurnal, dan lain-lain; 3) model asingkron lebih disukai mahasiswa (51%) daripada model singkron. Sementara bahan ajar yang disukai adalah video (80%); 4) Kepuasan mahasiswa mencapai 93,4%. Tidak hanya itu, CPMK yang ditentukan juga berhasil dicapai dan bahkan meningkat daripada nilai pada mata kuliah yang sama di tahun ajaran sebelumnya yang diajarkan dengan Metode blended-learning.

Article Details