Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran mata kuliah Teknik Reaksi Kimia 2 di lingkungan PSTK FTI UII. Terdapat dua poin inovasi yang diteliti. Poin pertama adalah pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan metode penyampaian materi yang selama ini cenderung bersifat searah dan kurang melibatkan mahasiswa. Indikator keberhasilan dari poin pertama tersebut adalah tingkat kepuasan mahasiswa serta tingkat ketercapaian atau pemenuhan CPMK. Sedangkan poin inovasi kedua terfokus pada pengembangan metode pembelajaran daring yang efisien secara waktu, mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri, sekaligus memfasilitasi komunikasi dua arah untuk diskusi dan pemberian umpan balik. Untuk dapat mencapai hal-hal tersebut, pembelajaran akan dilakukan dengan integrasi metode daring sinkron dan asinkron. Kedua metode tersebut bersifat mendukung pengerjaan tugas proyek yang merupakan inti pembelajaran di mata kuliah Teknik Reaksi Kimia 2. Keberhasilan kinerja dari poin inovasi kedua diindikasikan dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian, diperoleh tingkat ketercapaian CPMK sebesar 89%, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap tugas proyek sebesar 89,3%, dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap integrasi metode daring sinkron dan asinkron sebesar 86,9%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, metode pembelajaran ini dapat diterapkan di masa yang akan datang, namun perlu perbaikan dalam hal peningkatan keaktifan mahasiswa dalam tugas kelompok maupun dalam kelas.

Article Details