Main Article Content
Abstract
Pelaksanaan MKWU Pendidikan Pancasila Merdeka Belajar di lingkungan Universitas Islam Indonesia pada saat pandemi Covid-19 diselenggarakan secara daring. Tidak hanya kuliah secara daring, namun tantangan metode pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih konvensional, dan model pembelajaran yang dilakukan dosen relatif monoton, didominasi ceramah dan diskusi, dan masih menempatkan pembelajaran secara doktrinal mengakibatkan tidak adanya peningkatan signifikan dari pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Di sisi lain, tujuan Pendidikan Pancasila sebagai bagian dari pendidikan karakter harus tertanam dalam diri mahasiswa. Untuk itu perlu sebuah pengembangan model pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa. Tulisan ini berfokus pada bagaimana implementasi model pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning (PjBL) pada MKWU Pendidikan Pancasila Merdeka Belajar di lingkungan Universitas Islam Indonesia pada Semester Ganjil 2021/2022.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan pembelajaran daring yang dilakukan dengan mengimplementasikan model Discovery Learning dan Project Based Learning pada MKWU Pendidikan Pancasila Merdeka Belajar di lingkungan UII berimplikasi pada optimalnya proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning). Selain itu, dengan kegiatan observasi mahasiswa lebih dapat memahami dan merefleksikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta memiliki daya kritis untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi di masyarakat. Dengan output kampanye media sosial yang dibuat, mahasiswa memiliki kontribusi positif terhadap pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat. Sehingga aktivitas pembelajaran yang dikembangkan dalam hal ini berhasil menarik minat mahasiswa untuk aktif belajar melalui learning by doing, thinking, and reflecting dan berkontribusi pada masyarakat.