Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan desain penyetaraan aktivitas non-perkuliahan program merdeka belajar - kampus merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Progam Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Upaya ini sebagai bagian dari fasilitasi dan respon terhadap kebijakan konversi atas aktivitas kampus mengajar dan magang yang diikuti oleh mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah focus group discussion (FGD) dan produksi konten. FGD dilakukan untuk menggali ide guna penyusunan standar tujuan, bahan kajian dan proses untuk aktivitas kampus mengajar dan magang sebagai acuan konversi ke mata kuliah, serta pedoman retrospective dan asesmen kelayakan konversi. Sedangkan produksi konten dilaksanakan untuk menyediakan konten pembelajran asinkron sebagai bentuk treatment dan fasilitasi awal bagi mahasiswa peserta program agar mendapatkan bekal materi yang memadai. Hasil dari penelitian ini adalah telah tersedianya dokumen kebijakan program studi tentang penyetaraan beban belajar yang berisi standar tujuan, bahan kajian, dan proses untuk aktivitas kampus mengajar dan magang sebagai acuan konversi ke mata kuliah yang disahkan oleh dekan dan bahan ajar digital atau Video konten pembelajaran mata kuliah yang dikonversi.