Main Article Content

Abstract

Metode pembelajaran tardisional saat ini dirasa memiliki banyak kekurangan bagi pembelajaran mandiri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan proses pembelajaran dengan pendekatan PjBL kolaboratif. Proyek diberikan kepada mahasiswa dari dua prodi berbeda yaitu program studi Statistik dan Ilmu Ekonomi dimana isu yang diberikan mengenai isu ekonomi dengan pendekatan statistik. Observasi dilakukan pada dua kelas dengan total jumlah mahasiswa sebanyak 105. Hasil penerapan PjBL kolaboratif menunjukkan terdapat peningkatan perolehan capaian CPMK saat mahasiswa melakukan kegiatan PjBL kolaboratif yang diarahkan oleh dosen, daripada kolaboratif mandiri. Ketercapaian CPMK dengan menggunakan PjBL kolaboratif mencapai 100%. Selian itu, mayoritas mahasiswa (62.5%) kegiatan PjBL kolaboratif lintas prodi ini dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini mendukung adanya penerapan kegiatan PjBL kolaboratif untuk diterapkan pada mata kuliah lintas prodi.

Article Details