Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis Successive Approximation Model (SAM) dalam mata kuliah Pengembangan Prototype Produk/Jasa untuk memperkuat ranah psikomotor mahasiswa. Pendekatan SAM digunakan untuk menjembatani kesenjangan antara penguasaan teori dan praktik dengan melibatkan proses iterasi dan kolaborasi bersama praktisi. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan tiga tahapan utama yaitu: preparation phase, iterative design phase, dan iterative development phase. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SAM dapat meningkatkan keterampilan psikomotor mahasiswa. Mahasiswa mampu menghasilkan prototype produk/jasa yang relevan dengan Pendidikan Agama Islam, seperti aplikasi Juz Amma, Kumpulan Doa Harian, Kumpulan Hadis, dan Kumpulan Kultum dan Ceramah. Selain itu, keterlibatan praktisi memberikan dampak positif terhadap pemahaman mahasiswa mengenai tantangan dunia kerja dan memperkuat koneksi antara teori dan aplikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis SAM dapat mengembangkan keterampilan psikomotor, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi kebutuhan dunia kerja. Implementasi model ini juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih kaya dengan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.