Main Article Content

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran manajemen sitasi menggunakan aplikasi Zotero dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Indonesia dalam mengelola sitasi dan referensi karya ilmiah. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pretest dan posttest untuk mengukur perubahan pemahaman mahasiswa, serta observasi terhadap proses pembelajaran yang melibatkan teori, praktik, dan pendampingan. Skor pretest menunjukkan bahwa 68,2% mahasiswa belum mengenal aplikasi Zotero dan 95,4% masih mengelola sitasi secara manual. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan signifikan yaitu hanya tersisa 4,6% mahasiswa yang masih tidak percaya diri dalam menyusun sitasi, 62% menyatakan bahwa Zotero membantu mereka menulis karya ilmiah secara lebih efisien. Hasil penelitian juga menunjukkan 95,4% mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam menyusun sitasi dan daftar pustaka yang tepat, serta 62% mahasiswa melaporkan bahwa penggunaan Zotero membantu mereka dalam menyusun karya ilmiah secara lebih efisien dan terorganisasi setelah dilakukan pembelajaran. Meskipun demikian, penelitian ini menunjukkan adanya keterbatasan dalam durasi pelatihan yang dianggap tidak cukup oleh sebagian besar mahasiswa, yang menghambat pemahaman lebih mendalam dalam penggunaan Zotero. Saran pengembangan mencakup perpanjangan waktu sesi praktik dan pendalaman materi pelatihan untuk memastikan pemahaman yang lebih optimal. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi manajemen referensi seperti Zotero dapat meningkatkan literasi digital mahasiswa dan mendukung penulisan karya ilmiah yang efisien, terorganisasi, dan bebas plagiarisme, serta dapat diterapkan pada institusi pendidikan tinggi lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis ilmiah.


Keywords

karya ilmiah literasi digital pembelajaran efektif manajemen sitasi Zotero

Article Details

References

  1. Amin*, A. Muh., Adiansyah, R., & Hujjatusnaini, N. (2023). The Contribution of Communication and Digital Literacy Skills to Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(3), 697–712. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i3.30838
  2. Asy’ari, M., Hunaepi, H., Mirawati, B., Armansyah, A., & Rahmawati, H. (2022). Pelatihan Reference Managemenet Software (RMS) Zotero dalam pengelolaan Sumber Rujukan Penelitian. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 417–431. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.813
  3. Baso, F., Fathahillah, Ridwan Daud Mahande, Surianto, D. F., Edy, M. R., Wahyudi, & Akmal Hidayat. (2023a). Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Mahasiswa. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.77
  4. Baso, F., Fathahillah, Ridwan Daud Mahande, Surianto, D. F., Edy, M. R., Wahyudi, & Akmal Hidayat. (2023b). Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Mahasiswa. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.77
  5. Baso, F., Fathahillah, Ridwan Daud Mahande, Surianto, D. F., Edy, M. R., Wahyudi, & Akmal Hidayat. (2023c). Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Mahasiswa. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i2.77
  6. Della Fadhilatunisa, Nurafni Oktaviyah, Andika Isma, Jasruddin Daud Malago, & Oky Nur Pratiwi Johansyah. (2023). Inovasi Manajemen Referensi: Pelatihan Aplikasi Research Rabbit dan Zotero Untuk Mahasiswa Ekonomi. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 326–334. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.267
  7. Fadli, Z., & Rachmat, Z. (2024). UTILIZATION OF ZOTERO TO IMPROVE THE QUALITY OF ACADEMIC WRITING AMONG STUDENTS AND LECTURERS AT STMIK AMIKA SOPPENG. 1(1).
  8. Haliq, A., Hamsa, A., & Sakaria, S. (2021). Analisis Pemanfaatan, Faktor Pendukung Dan Penghambat, Serta Upaya Optimalisasi Aplikasi Zotero Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 16. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2325
  9. Hidayati, N. A. (2022). Pelatihan Manajemen Referance Zotero Bagi Mahasiswa Pascasarjana Iain Palangkaraya. 1(1).
  10. Izzah, N., & Lubis, R. H. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Manajemen Referensi Zotero. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 239–246. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1042
  11. Maryatun, M. (2020). Efektivitas Kegiatan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 145. https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.145-166
  12. Ritonga, M., Handayani, D., Wahyuni, F., & Putra, I. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Zotero Dalam Pembuatan Daftar Pustaka Bagi Mahasiswa. 2(1).
  13. Rusdiana, Samsuddin, A. F., Ikmawati, Untu, Z., & Widyasari, T. (2024). Pendampingan Manajemen Referensi Zotero Bagi Guru Dalam Rangka Optimalisasi Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 59–64. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3582
  14. Tanjung, Y. I., Irfandi, I., Sudarma, T. F., Lufri, L., Asrizal, A., & Hardeli, H. (2023). THE EFFECT OF CONSTRUCTIVISM LEARNING ON STUDENT LEARNING OUTCOMES: A META ANALYSIS STUDY. ISER (Indonesian Science Education Research), 5(1). https://doi.org/10.24114/iser.v5i1.49409
  15. Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
  16. Vygotsky, L. (2023). The historical meaning of the psychological crisis. Methodological research. Psihologìâ ì suspìlʹstvo, 1(2023), 102–190. https://doi.org/10.35774/pis2023.01.102