Main Article Content
Abstract
Saat ini CSR telah menjadi isu yang sangat penting bagi banyak perusahaan, baik yang beroperasi secara
nasional maupun internasional. CSR juga banyak dikaitkan dengan soal hubungan masyarakat dari
perusahaan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa internet dan laman resmi perusahaan adalah alat
hubungan masyarakat yang penting, termasuk dalam mengomunikasikan CSR. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisa seberapa penting perusahaan menempatkan informasi terntang CSR dalam laman resminya
dan tingkat interaktivitas informasi tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap laman resmi perusahaan yang
beroperasi di Indonesia, yaitu PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
laman resmi Indocement telah mengungkapkan isu terkait CSR kecuali tentang etika perusahaan. Laman resmi
Indocement ini menempatkan isu CSR pada hirarki yang tinggi tetapi mempunyai tingkat interaktivitas yang
rendah, karena hanya menggunakan sumber ekspositif yang satu arah dan tidak menyediakan sarana umpan
balik yang memadai.
Kata Kunci: interaktivitas, CSR, internet, laman resmi