Main Article Content

Abstract

Management by Objectives (MBO) adalah metode penilaian kinerja karyawan yang berorientasi pada
pencapaian target kerja. Pada metode MBO, setiap individu karyawan diberikan target kerjanya masingmasing,
yang bersesuaian dengan sasaran kerja unit dalam satu periode kerja. Penilaian kinerja dalam metode
MBO dilakukan di akhir periode mengacu pada realisasi target. Adapun Rank Inclusion in Criteria Hierarchies
(RICH), metode yang dipergunakan pada proses pembobotan Key Performance Indicator (KPI) untuk
memperoleh bobot prioritas atas sasaran kerja yang diberikan kepada karyawan. Dengan mengacu pada bobot
sasaran kerja, maka sistem dapat melakukan komputasi atas performansi kerja pegawai.
Penilaian performansi kerja karyawan ini mengambil lokasi pengamatan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
(Telkom). Posisi/jabatan karyawan yang dijadikan objek penilaian adalah Account Manager (AM). Yang mana
AM merupakan ujung tombak Telkom dalam menjual produknya kepada Corporate Customer (CC).
Dalam jurnal ini, aspek penilaian performansi kerja AM dikhususkan pada pencapaian revenue. Adapun proses
dalam menilai kinerja AM diperoleh yaitu; (i) penjabaran sasaran kerja unit, (ii) perumusan program kerja dan
subprogram kerja, (iii) pemberian target pencapaian AM, (iv) penilaian SKI AM. Nilai akhir diperoleh dari
total nilai seluruh program kerja.

Kata kunci : Penilaian Performansi Kerja Account Manager, Management By Objective, Rank Inclusion
Criteria Hierarchies

Article Details