Main Article Content

Abstract

Sudah banyak mahasiswa Teknik Informatika yang mengikuti kompetisi pemrograman dan belajar dari berbagai media dan sistem pembelajaran pemrograman yang tersedia secara daring. Namun demikian, banyak pula yang kurang bersemangat karena banyaknya materi algoritma dan bidang pemrograman yang harus dipelajari. Mahasiswa yang baru saja belajar pemrograman kesulitan untuk bisa mengimbangi rekannya yang telah belajar sejak sekolah menengah. Oleh karena itu, perlu strategi untuk membagi materi pembelajaran sebuah tim agar setiap anggotanya dapat fokus mempelajari satu jalur/bidang pemrograman. Terdapat sebuah teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan keterhubungan antar materi yaitu dengan teknologi skill tree. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem pembelajaran pemrograman memanfaatkan konsep skill tree yang akan menampilkan susunan materi dalam bentuk pohon kemampuan. Sehingga untuk mencapai kemampuan tertentu, pengguna dapat mengerjakan materi dengan lebih runut dan terstruktur. Hasil yang didapatkan yaitu berupa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memodelkan peta konsep pemrograman dalam struktur pohon dan membantu proses pembelajaran pemrograman secara lebih runut dan terstruktur. Perangkat tersebut memodelkan skill tree ke dalam tiga bagian yaitu: 1) Node berupa konsep pembelajaran; 2) Edge berupa keterhubungan antar konsep; dan 3) Activity yaitu kegiatan belajarnya seperti membaca, mengerjakan kuis dan juga soal pemrograman.

Article Details

Author Biographies

Hanson Prihantoro Putro, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri

Nur Muhammad, Universitas Islam Indonesia

Alumni Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri