Main Article Content

Abstract

Teknologi informasi telah menjadi komponen penting dalam berbagai bidang, termasuk industri pariwisata
yang meliputi promosi, pemasaran, dan penjualan produk pariwisata (e-commerce dalam industri pariwisata).
Pariwisata berbasis teknologi informasi dikenal sebagai e-tourism (IT-enabled tourism). Permasalahan etourism
di Indonesia adalah belum optimalnya pemasaran paket wisata karena informasi yang diberikan pada
website pariwisata tidak bersifat interaktif dengan wisatawan yang membutuhkan informasi lengkap, juga belum
terintegrasinya website-website pariwisata dengan sistem informasi komponen lain dalam industri pariwisata,
seperti perusahaan penerbangan, pelayaran, asuransi, agen travel, hotel, dan pengelola obyek wisata sendiri.
Tulisan ini mengkaji permasalahan promosi dan pemasaran pariwisata berbasis teknologi informasi di
Indonesia dan bagaimana pemanfaatan semantic web untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada.
Dari penerapan teknologi semantic web dalam e-tourism di Eropa, disimpulkan bahwa teknologi ini dapat
menjadi solusi masalah e-tourism di Indonesia, yaitu dengan membuat suatu tourism ontologi untuk melakukan
anotasi semantic pada informasi pariwisata, sehingga informasi terintegraskan. Selain itu dibuat suatu aplikasi
portal pariwisata sehingga calon wisatawan dapat mencari informasi paket wisata secara lengkap. Pencarian
informasi menggunakan hubungan semantic antar informasi pariwisata dari berbagai sumber yang telah
dianotasi menggunakan tourism ontologi. Hal ini menguntungkan calon wisatawan, juga perusahaan yang
bergerak dalam bidang pariwisata, karena informasi pada web miliknya berguna lebih optimal sehingga dapat
meningkatkan promosi dan pemasaran produknya.

Kata Kunci: Pariwisata, E-Tourism, Semantic Web

Article Details