Main Article Content
Abstract
Jogja Cyber Province merupakan blue print yang menjadi acuan pengembangan e-government di Daerah
Istimewa Yogyakarta yang melakukan transformasi layanan yang berorientasi pelanggan (masyarakat) dengan
berbasis pada proses bisnis, informasi, dan pengetahuan yang memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi sebagai akselerator pembangunan wilayah propinsi yang berdaya saing, nyaman, mandiri, efisien,
dan efektif. Layanan yang berbasis pada Teknologi Informasi ini oleh Pemerintah Provinsi DIY dikemas dalam
bentuk Digital Government Services (DGS) dimana pelayanan kepada masyarakat didukung (support) oleh
teknologi yang menyediakan data dan informasi yang bersifat digital. DGS Bidang Kesehatan dikembangkan
agar ruang pelayanan dapat informatif maupun interaktif kepada masyarakat. Sumber data dan informasi yang
berasal dari kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan pada masing unit-unit organisasi Dinas Kesehatan
Provinsi DIY ditransformasikan ke bentuk digital yang memanfaatkan teknologi informasi. Metode yang
digunakan untuk pengembangan DGS Layanan Unggulan Bidang Kesehatan adalah dengan strategi Alignment
Framework (Kerangka Keselarasan) dimana layanan teknologi informasi (TI) dikembangkan untuk mendukung
tujuan organisasi yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga tercapai keselarasan antara tujuan organisasi
dan arah pengembangan layanan TI serta konsekuensi yang ditimbulkan (biaya, perubahan organisasi,
penambahan atau pengurangan sumberdaya manusia, dan lain-lain). Kerangka keselarasan ini membantu
kedua belah pihak, yaitu organisasi secara umum dan penyedia/pengelola layanan TI agar dapat berinteraksi
secara lebih sehat dan terarah.
Kata Kunci: jogja cyber province, digital government service, layanan unggulan bidang kesehatan, strategic
alignment.