Fuzzy Logic Direct Torque Control untuk Motor Induksi yang Digunakan pada Kendaraan Listrik (Electric Vehicle)

Endro Wahjono, Soebagio Soebagio

Abstract

Penelitian ini mengembangkan metode pengaturan kecepatan motor induksi tanpa sensor (sensorless)
menggunakan Direct torque Control (DTC) dengan Fuzzy Logic Control (FLC). Dengan meggunakan metoda
Direct Torque Control memungkinkan untuk mengontrol secara langsung torka dan fluks stator. Estimasi
kecepatan motor akan dibandingkan dengan kecepatan referensi untuk menghasilkan error. Error sebagai
masukan FLC. Nilai keluaran dari FLC adalah Torka referensi. Besaran masukan estimasi DTC adalah arus
dan tegangan motor, sinyal masukan inverter adalah tegangan dc. Besaran keluaran estimasi DTC adalah
torka, putaran, fluks dan sudut antara fluks sumbu d dan sumbu q. Hasil simulasi dengan simulink menunjukkan
bahwa dengan FLDTC pengaturan kecepatan motor induksi saat start terjadi overshoot 1,6%, rise time 0.0245
detik dan setling time 0.4825 detik untuk kecepatan motor referensi 76,18 rad/detik. Dengan menggunakan
Fuzzy Logic Direct Torque Control (FLDTC) mampu untuk mengikuti kecepatan referensi yang dinamis
dengan baik serta dapat menekan ripple sampai ke derajat yang sangat rendah.

Kata kunci: DTC, motor induksi, fuzzy logic controller.

Full Text:

PDF