Main Article Content

Abstract

Game playing adalah salah satu sistem kecerdasan buatan (AI). Untuk permasalahan pada permainan yang
berbasis pada giliran pemain, salah satu algoritma yang cukup membudaya adalah Negascout dan MTDF
(Memory-enhanced Test Driver value f) yang diimplementasikan pada game tree algoritma minimax. Dengan
konsep utama yang terletak pada semua kemungkinan yang bisa ditelusuri pada permainan. Dalam hal ini,
permainan othello dapat menggunakan algoritma ini karena permainan dapat diimplementasikan dalam sebuah
tree. Tree memiliki cabang-cabang yang terdiri dari node yang akan menyatakan nilai yang selanjutnya akan
digunakan dalam menentukan langkah terbaik dari permainan. Nilai tersebut didapat dari proses evaluasi
terhadap segala kemungkinan yang terjadi pada tiap perubahan keping dari papan permainan othello. Nilai
evaluasi ini berkisar antara minus tak hingga sampai tak hingga. Beberapa cara yang dapat digunakan dalam
mengevaluasi nilai pada permainan othello ini, diantaranya adalah dengan mengevaluasi jumlah langkah yang
dapat dilakukan oleh pemain pada tiap kali kesempatan, memperkecil kemungkinan dari keping pemain yang
berbatasan dengan petak kosong dan penguasaan pada posisi-posisi pojok dari papan permainan.

Kata Kunci: Game playing, minimax, Negascout, MTDF, othello

Article Details