Main Article Content
Abstract
Meningkatnya jumlah waktu yang dipergunakan oleh anak-anak di rumah dan di sekolah dalam
berinteraksi dengan komputer menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana teknologi komputer mempengaruhi
perkembangan psikologi mereka. Artikel ini menyajikan riset terbatas terhadap efek penggunaan komputer di
rumah terhadap perkembangan aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Secara umum perkembangan
anak yang diperkenalkan dengan teknologi komputer relatif lebih baikaspek-aspek tertentu pada anak-anak
daripada anak-anak yang sama sekali belum dikenalkan dengan teknologi komputer. Penelitian ini masih
merupakan penelitian awal sehingga dibutuhkan penelitan yang lebih sistematis dan kompleks pada wilayah ini,
sehingga dapat membantu orang tua dan para penentu kebijakan untuk menggali dan memaksimalkan efek
positif dan meminimalisir efek buruk dari penggunaan teknologi komputer pada anak-anak.
Kata kunci: Psikologi perkembangan, komputer anak, Kartu Perkembangan Anak (KPA)
berinteraksi dengan komputer menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana teknologi komputer mempengaruhi
perkembangan psikologi mereka. Artikel ini menyajikan riset terbatas terhadap efek penggunaan komputer di
rumah terhadap perkembangan aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Secara umum perkembangan
anak yang diperkenalkan dengan teknologi komputer relatif lebih baikaspek-aspek tertentu pada anak-anak
daripada anak-anak yang sama sekali belum dikenalkan dengan teknologi komputer. Penelitian ini masih
merupakan penelitian awal sehingga dibutuhkan penelitan yang lebih sistematis dan kompleks pada wilayah ini,
sehingga dapat membantu orang tua dan para penentu kebijakan untuk menggali dan memaksimalkan efek
positif dan meminimalisir efek buruk dari penggunaan teknologi komputer pada anak-anak.
Kata kunci: Psikologi perkembangan, komputer anak, Kartu Perkembangan Anak (KPA)