Main Article Content

Abstract

Suatu perusahaan sangat memerlukan saran dan masukan dari para pelanggan (customer) yang
mempergunakan jasa dan layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Kesan dan saran tersebut akan
digunakan perusahaan untuk meninjau dan memperbaiki kinerja dan proses pelayanan yang selama ini telah
dilakukan demi kepentingan perusahaan untuk lebih maju lagi kedepannya. Terkadang saran dari pelanggan
tersebut kurang mendapat respon dan tanggapan dari perusahaan. Saran telah diberikan tetapi untuk waktu
yang lama perusahaan tersebut tidak secara baik meninjau. Hal ini terjadi karena proses yang dilakukan secara
manual dan terkadang penggolongan terhadap kesan dan kritik terhadap sub bidang proses perusahaan
tersebut sangat sulit untuk diimplementasikan. Hal ini dikarenakan sistem peninjau harus mencari satu persatu
saran tersebut secara manual, walaupun telah menggunakan media komputer untuk merekam informasi
tersebut. Model Vektor sangat tepat digunakan untuk mencari dokumen masukan saran pelanggan (customer
gathering information) terutama pada penentuan kemiripan query dan penggolongan kritik dan saran tersebut.
Model yang dikembangkan dan diusulkan telah diterapkan dan di implementasikan pada salah satu perusahaan
multinasional di Indonesia yang oleh penulis tidak disebutkan dalam paper ini.
Kata Kunci: customer information gathering, model ruang vektor

Article Details