Main Article Content

Abstract

Pada umunya, proses pembelajaran dan pengajaran dilaksanakan pada sebuah kelas dan waktu tertentu. Pada situasi dan kondisi tertentu, hal tersebut dapat menjadi masalah ketika ruang kelas atau waktu tidak tersedia dan memungkinkan. Sehingga dibutuhkan sebuah alternatif atau solusi.
Penelitian ini bertujuan membangun suatu aplikasi berbasis web guna keperluan pembelajaran dan pengajaran dengan jarak jauh (Distance Learning), yang kami sebut dengan eDuCourse. Aplikasi ini bermaksud memberikan sebuah solusi dari permasalahan klasik, yaitu ruang dan waktu. Aplikasi ini mengadopsi sebuah standar teknologi, Learning Technology System Architecture (LTSA), yaitu sebuah standar internasional untuk penunjang sistem pembelajaran yang didukung oleh teknologi informasi, dimana standar ini dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). LTSA menggambarkan arsitektur berbasis komponen yang abstrak.
Aplikasi ini berhasil dibangun menggunakan bahasa PHP dan basis datanya menggunakan MySQL dengan menyederhanakan fungsi dari komponen Learning Parameter.
Kata kunci: Distance learning, Learning Technology System Architecture (LTSA), Distance Learning, Aplikasi

Article Details