Main Article Content

Abstract

Pengetikan termasuk salah satu kemampuan dasar yang diperlukan dalam pekerjaan atau studi. Untuk melakukan pengetikan, biasanya orang menggunakan mesin ketik, tetapi sekarang ini dengan semakin banyaknya pengguna komputer, maka fungsi mesin ketik perlahan-lahan digantikan dengan komputer. Tetapi tidak semua orang mempunyai kemampuan mengetik dengan benar yaitu dengan menggunakan sepuluh jari.
Untuk membantu seseorang meningkatkan kemampuan mengetik dengan benar, pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat melatih pengetikan serta menghitung kecepatan dan ketepatan pengetikan yang telah dilakukan seseorang. Hanya saja berbeda dengan aplikasi yang biasanya menghitung score akhir hasil pelatihan secara absolut, pada aplikasi ini digunakan sistem fuzzy untuk menghitung score akhir.
Untuk menentukan score digunakan penilaian secara absolut dan relatif untuk kecepatan dan ketepatan mengetik. Kemudian kedua buah score tersebut yaitu score absolut dan relatif digabungkan dengan menggunakan over weighted averanging operation. Setelah score ketepatan dan kecepatan didapat, digunakan generalized means untuk menggabungkan kedua score tersebut menjadi score akhir.
Kata kunci: sistem fuzzy, latihan pengetikan, generalized means, over weighted averaging

Article Details