Main Article Content

Abstract

Pendidikan yang berkualitas dan lulusan yang memilik kemampuan yang sangat baik merupakan harapan semua orang, namun untuk merealisasikannya butuh usaha dan kerjasama yang baik. Antara guru, siswa, orang tua siswa dan para pendukung peningkatan kualitas pendidikan Tes atau uji coba bagi siswa yang ingin naik ke tingkat yang lebih tinggi atau yang ingin lulus merupakan suatu hal mutlak dilaksanakan. Sebagai salah satu standar kualitasnya dilihat dari soal-soal tes atau ujicoba yang diberikan.
Selama ini para guru mengalami kusulitan dalam membuat soal-soal, jenis soal, variasi, dan tingkat kesulitan soal yang diberikan kepada siswanya. Guru-guru juga mengalami kesulitan untuk mengukur kualitas siswanya dengan cara membandingkan dengan kualitas dari sekolah lain, baik yang masih dalam satu propinsi maupun diluar propinsi.
Adanya iklan masyarakat tentang masuknya internet ke sekolah-sekolah, masalah-masalah yang dihadapi guru-guru yang berkaiatan dengan masalah yang tersebut diatas Insya Allah dapat teratasi dengan membuat Bank Soal yang dibuat berbasis Web, sehingga para guru dapat mengakses internet untuk mendapatkan soal-soal tersebut, lebih dari itu para guru juga dapat memasukkan soal-soal yang mereka buat ke dalam internet sehingga guru-guru lain dapat mengambil soal-soal dengan mudah dan cepat.
Sistem informasi Bank Soal untuk Sekolah Dasar (SD) berbasis Web merupakan media yang dapat membantu para guru untuk dapat memperoleh soal-soal dan juga sebagai sarana untuk membandingkan kualitas siswa pada satu sekolah dengan sekolah yang lainnya.
Kata kunci: bank soal, Sekolah Dasar, web

Article Details