Main Article Content

Abstract

Audit sistem informasi yang telah mulai dikembangkan dalam organisasi usaha berbasis komputer menjadi perhatian manajemen dan analis sistem untuk memberikan rekomendasi mengenai tingkat kepastian bisnis yang memadai melalui pengelolaan sistem informasinya. Proyek sistem informasi dikembangkan selain berdasarkan tujuan , juga memperhatikan aspek manajerial dalam transaksi yang memberikan keputusan strategis mengenai kinerja bisnis ke depan melalui pemberdayaan komponen sistem informasi perusahaan.
Untuk mencapai penilaian sistem informasi yang baik melalui pemeriksaan, dibutuhkan alat dan mekanisme pencatatan sebagai bahan acuan yang menjadi dasar pengembangan sistem informasi pengendalian interen yang efektif. Makalah ini menguraikan tentang pentingnya dokumentasi dalam penugasan audit untuk memastikan sistem pemeriksaan berdasarkan fakta historis dan standar kerja yang professional. Peran kertas kerja dalam tinjauan perspektif IASII (Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia) berdasarkan standar professional auditor, salah satunya adalah mengisyaratkan aturan dalam penugasan audit berupa teknis perencanaan audit di lapangan. Hal ini penting mengingat, kebutuhan akan pengelolaan sistem informasi ke depan akan sangat ditentukan oleh program pemeriksaan yang memadai dan menjadi acuan untuk rekomendasi perbaikan sistem.
Dengan adanya perencanaan kertas kerja yang baik diharapkan, dua hal dapat dicapai yaitu : standar kerja professional dan rekomendasi perbaikan atau penilaian sistem yang terarah dan terpadu.
Kata Kunci: kertas kerja, standar professional, dokumentasi sistem dan proyek informasi.

Article Details