Main Article Content

Abstract

Data tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Suatu organisasi baik besar maupun kecil dapat dibanjiri dengan berbagai macam data, tidak terkecuali dengan CV JP Bogor. Saat ini pemanfaatan data-data yang dimiliki belum maksimal, baru sebatas untuk pembuatan laporan. Data transaski penjualan yang terkumpul dan tersimpan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi manajemen dalam melakukan usaha-usaha yang terkait dengan peningkatan penjualan dengan melakukan promosi yang tepat dan membekali tenaga penjual dengan pengetahuan mengenai kebiasaan customer. Pengetahuan mengenai asosiasi antar jenis produk, jenis-jenis produk yang muncul bersamaan pada tiap transaksi, dapat menjadi masukan penting dalam melakukan usaha peningkatan penjualan tersebut. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah data menjadi pengetahuan adalah data mining. Hasil penambangan terhadap data transaksi penjualan memberikan tiga aturan yang memenuhi batas confidence sebesar 80%. Aturan-aturan tersebut adalah: CD2R ⇒ RT dengan confidence 87.321% dan support 15.93%, CD5R ⇒ DM dengan confidence 98.734% dan support 2.91%, dan G16 dan FF364 ⇒ BAA dengan confidence 100% dan support 2.015%.
Kata kunci: Data Mining, Aturan Asosisasi, Market Basket Analysis, Algoritma A Priori, Confidence, Support

Article Details